Wanita Masa Kini Makin Susah Menahan Kencing

Thursday, July 19, 2012



Wanita Muda Masa Kini Makin Susah Menahan Kencing. Beser atau urinary incontinence lebih sering dialami laki-laki, atau jika perempuan maka biasanya dari kalangan usia lanjut. Namun menurut penelitian, saat ini makin banyak perempuan muda mengalami beser atau susah menahan kencing.



Kesimpulan ini didasarkan pada hasil penelitian terhadap 1.000 perempuan muda di Australia yang disurvei baru-baru ini. Dari sekian banyak responden, sekitar 13 persen mengeluhkan susah menahan hasrat untuk buang air kecil karena berbagai sebab.


Susah Menahan Kencing

Penelitian ini juga mengungkap, kasus urinary incontinence cenderung lebih sering dialami oleh perempuan yang sudah aktif secara seksual. Diduga karena sudah tidak perawan maka risiko infeksi saluran kemih meningkat, sehingga kemungkinan beser juga lebih besar.



Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi khususnya pil KB hormonal juga berhubungan dengan peningkatan risiko beser di kalangan perempuan muda. Dikatakan oleh para peneliti, perempuan muda yang aktif secara seksual tapi tidak memakai pil KB lebih sering mengalami beser.



Belum diketahui mengapa risiko beser pada perempuan yang memakai pil KB lebih rendah, sementara yang tidak memakai pil KB lebih rentan mengalami gangguan ini. Ada kemungkinan pil ini mempengaruhi keseimbangan hormonal, namun belum dipastikan sampai sejauh itu.



"Saya pikir pesan yang paling penting adalah bahwa ketika perempuan muda yang mengalami beser, sebaiknya jangan malu-malu lagi untuk periksa ke dokter," tulis para peneliti dalam saran yang disampaikannya, seperti dikutip dari Medindia.



Selama ini, perempuan muda yang mengalami beser mungkin merasa malu karena takut dikira organ vitalnya bermasalah karena hal-hal yang ditabukan oleh lingkungan. Namun karena makin banyak yang mengalaminya, maka seperti disarankan oleh para peneliti, jangan sungkan-sungkan untuk berobat.


0 comments:

Post a Comment