5 Cara Sehat Makan Daging

Sunday, October 28, 2012


Makan Daging Sehat 
Terlalu banyak makan daging bisa membuat masalah kesehatan sebab semangkin banyak daging yang dikonsumsi maka semangkin banyak lemak yang akan ditimbun di dalam tubuh sebenarnya daging merupakan sumber protein terbaik yang sangat baik untuk kesehatan namun jika salah dalam makan daging maka masalah kesehatan yang akan timbul. Nah berikut ini ada beberapa cara agar makan daging tetap sehat. Ingin tahu apa aja itu simak 5 Cara Sehat Makan Daging berikut ini.
1. Jangan asal memilih daging
Pilih potongan daging dan unggas ada yang rendah lemak misalnya di bagian topside/round (bagian paha belakang yang mendekati area pantat sapi), chuck (bagian atas paha depan), sirloin (has luar) dan tenderloin (has dalam).

Jika sudah dikemas, pilih yang berlabel ‘Choice’ atau ‘Select’. Tak masalah jika Anda ingin tetap mempertahankan kulit daging unggas saat dipanggang tapi usahakan agar kulit dan lemaknya itu tak termakan.
2. Gunakan bumbu tertentu
Bumbu ini dimaksudkan untuk melunakkan daging sekaligus membuatnya tetap lembab ketika diolah, termasuk meningkatkan cita rasa yang mungkin akan hilang karena Anda menghilangkan lemaknya. Pilihlah bumbu-bumbu rendah lemak seperti campuran herba atau rempah-rempah, saus kedelai dan jus lemon.

3. Pakai metode pengolahan rendah lemak
Metode pengolahan rendah lemak misalnya dipanggang, dibakar dan ditumis karena cara-cara ini dapat melelehkan lemak yang ada di dalam daging.

Jadi misalnya Anda memasak daging di dalam oven, pastikan Anda meletakkan dagingnya di atas loyang agar lemaknya bisa menetes keluar.
4. Masaklah yang berkuah
Buatlah masakan yang dapat mencampurkan daging dengan kuah seperti sup. Sehari atau dua hari kemudian masakan ini dapat dimasukkan ke freezer jadi ketika makanan ini sudah membeku, lemaknya akan mengeras dan berkumpul di puncak daging sehingga Anda dapat menghilangkannya dengan mudah.

5. Perhatikan ukuran penyajiannya
Kurangi ukuran porsi daging yang Anda konsumsi akan ikut mengurangi asupan lemak dan kolesterol Anda. Daging yang akan dihidangkan itu pun tak boleh lebih dari 3 ons (85 gram).

3 Ons itu juga sama halnya dengan separuh dada ayam tanpa tulang dan kulit atau satu paha ayam tanpa kulit atau dua irisan tipis sapi panggang tanpa lemak.
Dietary Guidelines for American tahun 2010 juga merekomendasikan agar setiap orang mengurangi konsumsi daging merah dan daging unggas mereka. Kalaupun dikonsumsi, carilah yang tanpa lemak atau lemaknya sudah dikurangi.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk lebih sering mengonsumsi ikan dan makanan laut. Kalau perlu pilih makanan yang tak menggunakan daging.
Nah itulah beberapa cara yang sebaiknya kamu lakukan agar makan daging tidak menggangu kesehatan kamu.

sumber

0 comments:

Post a Comment