10 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik

Tuesday, October 16, 2012



Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik. Bagaimana meninggalkan kesan mendalam dengan alasan yang tepat? Apakah itu kencan pertama, bertemu orang tua pasangan, atau wawancara kerja, tidak diragukan, pertemuan pertama itu menyeramkan! Pendapat bisa berubah seiring waktu, untuk posisi yang tepat, sangat penting memberi kesan pertama yang baik. Untuk mengesankan pasangan atau calon pimpinan dan membuat kesan yang mengagumkan, kami berikan 10 tips terbaik untuk pertemuan pertama seperti di lansir dari msn.



1. Sikap Positif

Sebagian dari kita tertarik dengan orang yang positif dan bersahabat yang membuat kita nyaman. Cara termudah untuk terhubung dengan orang tersebut adalah dengan menjadi positif melalui pembicaraan dan bahasa tubuh. Menyapa seseorang dengan senyum yang tulus sangat penting. Juga pertahankan pembicaraan tetap positif atau dengan topik yang netral. Sebagian dari kita suka mengeluh, namun beberapa menit atau jam pertama Anda bertemu sesorang bukanlah waktu yang tepat untuk bercerita tentang penderitaan atau duka dan masalah Anda.


Kesan Pertama

2. Perhatikan bahasa tubuh.

Riset menunjukan 80% komunikasi dilakukan oleh bahasa tubuh, artinya orang bisa mendapat kesan pertama sebelum kita bicara. Pastikan kesannya baik, cobalah menjaga bahasa tubuh yang 'terbuka', seperti tidak menyilangkan kaki dan tangan, dan mengarahkan tubuh ke lawan bicara yang memberi kesan lebih mudah didekati, santai, dan bisa diajak bicara.



3. Beri perhatian


Mungkin sudah jelas, tapi hal itu sangan penting untuk memberi kesan Anda mendengarkan dan tertarik pada hal yang dibicarakan orang. Daripada memberi daftar pertanyaan atau topik pembicaraan yang disiapkan sebelumnya, pastikan Anda mendengarkan apa yang dikatakan orang lain memberi respon sesuai situasi. Tidak perlu mengumpulkan informasi untuk menulis halaman Wikipedia mereka, ingat apa yang mereka bicarakan dan gunakan nama mereka dalam pembicaraan untuk menunjukan Anda tertarik dan memperhatikan.



4. Unik


Jika ingin memberi kesan pertama yang baik, terlihat menonjol juga bisa membantu atau berikan sesuatu untuk diingat. Daripada membicarakan topik umum seperti cuaca atau kondisi lalu lintas, cobalah tunjukan sesuatu yang unik dan mudah diingat. Jika Anda punya hobi yang unik, anekdot atau pertanyaan, masukan dalam percakapan. Anda juga bisa menyiapkan cerita sebelumnya, selama masuk akal dan tidak dikarang.



5. Beri pertanyaan


Gugup bisa membuat kita bertindak aneh. Sebagian terdiam bertemu orang asing, sebagian lagi bicara terbata-bata. Jika merasa gugup saat bertemu orang baru atau memberi kesan yang baik, Anda bisa mengatasi masalah itu dan berhenti bicara tidak jelas dengan menyiapkan beberapa pertanyaan . Sebagian orang suka membicarakan diri sendiri dan kemampuan mendengar yang baik, jika punya waktu untuk mengumpulkan pikiran, tanyakan pertanyaan terbuka untuk tetap membuat pembicaraan mengalir.



6. Kontak mata


Sulit menjaga kontak mata jika Anda gugup, tapi jika  Anda melihat kemana-mana selagi bicara, Anda akan terlihat tidak fokus pada pembicaraan atau mencari celah untuk pergi. Tapi menatap mata terlalu lama bagi seseorang yang baru dikenal bisa menjadi terlalu intens. Untuk menjaga kontak mata agar tidak tampak seperti kontes menatap, coba metode segitiga, dengan menatap mata dan yang satunya, kemudian mulut dan kembali lagi.



7. Selera humor


Orang tertarik dengan siapa yang bisa membuat mereka tertawa dan melihat humor dalam situasi tertentu. Bahkan jika Anda bukan seorang komedian berbakat, cobalah bahas hal yang ringan dan tertawa, senyum ketika tepat. Jika Anda ingin mengeluarkan lelucon, hal itu bagus untuk mencairkan suasana. Tapi hindari sarkasme dan topik kontroversial, dan jangan bicarakan orang lain. Hal itu mungkin bisa membuat orang tertawa pada waktu itu, namun Anda akan dicap sebagai orang yang membicarakan orang lain dibelakang, yang akan menyebabkan rekan baru Anda menjadi was-was.



8. Cari hal yang sama


Ketika bertemu dengan orang baru mencari sebuah kesamaan bisa membantu. Apakah minat yang sama, selera humor, atau teman yang sama. mencari sebuah kesamaan bisa membantu Anda mudah terhubung dengan orang di sekitar dan membuat pembicaraan lebih mengalir. Tapi sangat penting untuk menunjukan perhatian pada minat dan hobi orang lain, cobalah tidak berpura-pura memiliki minat yang sama, karena hal itu akan mudah diketahui.



9. Kerjakan PR Anda


Jika Anda menghadiri wawancara kerja, atau pertemuan bisnis, sangat penting untuk mempelajari perusahaan yang akan Anda datangi, untuk mempersiapkan untuk pembahasan dan apa yang diharapkan dari Anda. Hal itu tidak hanya memberi gambaran tentang pertemuan tersebut (hal itu juga tercermin dari pakaian, bahasa dan bahan pembicaraan) tapi juga memberi bahan pembahasan dalam pertemuan tersebut. Datang dengan pengetahuan lebih tentunya akan menjadi nilai lebih dan memberi kesan pertama yang hebat.



10. Jangan terlalu dipikirkan

Berusaha mempersiapkan diri dan tingkah laku sebanyak mungkin, untuk pertemuan penting bisa membantu, tapi terlalu dipikirkan bisa berakibat negatif. Terlalu berkonsentrasi pada dalam membuat kesan, bisa membuat Anda terlihat gugup dan tidak memperhatikan, dan membuat Anda tidak mendengar apa yang dikatakan orang lain. Luangkan sedikit waktu membuat kesan, dan alihkan fokus Anda pada keadaan sekitar. Dan juga ingatlah, tidak ada yang menganalisa sikap Anda sebanyak diri Anda sendiri.


0 comments:

Post a Comment