8 Cara Kerja yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Wednesday, August 22, 2012



Cara Kerja yang Bisa Membahayakan Kesehatan. Pernahkah berpikir bahwa pekerjaan yang dijalankan seperti ingin membunuh Anda? Jika iya, maka Anda perlu berhati-hati dan berusahalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Sebab, bisa jadi pekerjaan yang dilakukan itu memang berdampak buruk bagi kesehatan Anda.



Kira-kira, seperti apakah cara kerja yang dapat membunuh Anda secara pelan-pelan? Simak di sini, seperti dikutip dari situs Business News Daily.


Kerja

1. Pensiun Dini

Berdasarkan sebuah penelitian dari Austria membuktikan bahwa orang yang sudah pensiun sebelum usianya mencapai 67 tahun, ternyata masa hidupnya tidak akan lama. Hal ini dikarenakan kebiasaan buruk yang mereka terapkan dalam hidupnya, misalnya makan sembarangan, jarang berolahraga, malas-malasan, merokok, dan lain sebagainya.



2. Bekerja di Tempat yang Anda Benci


Apabila Anda merasa bekerja di tempat yang salah, sebaiknya ambil tindakan untuk segera mengubah profesi Anda. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Relations menemukan bahwa karyawan yang bekerja dalam keadaan terpaksa atau tidak sesuai dengan yang mereka sukai, bisa mengalami gangguan kesehatan fisik, termasuk gejala kelelahan dan stres.



3. Lembur


Bekerja berlarut-larut bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung Anda. Apalagi jika Anda lupa makan dan terlalu banyak minum kopi. Penelitian di Eropa menemukan fakta bahwa karyawan yang bekerja selama 10 jam atau lebih setiap harinya bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 60%. Ini juga dapat menyebabkan kematian.



Para peneliti juga menjelaskan bahwa para pekerja yang suka bekerja lembur memiliki kepribadian tipe A yang membuat mereka lebih agresif, kompetitif, tegang, serta sakit sehingga membutuhkan bantuan medis.



"Dokter harus menyadari risiko yang kemungkinan didapat akibat bekerja lembur. Ini harus ditanggapi secara serius bila menimbulkan gejala seperti nyeri dada, memantau dan mengobati faktor risiko kardiovaskular, terutama tekanan darah, dan menyarankan sebuah modifikasi akan gaya hidup yang tepat," papar Gordon McInnes, Profesor Klinis Farmakologi di University of Glasgow Skotlandia.



4. Perjalanan Menuju Kantor


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health menunjukkan bahwa karyawan yang pergi ke kantor dengan menggunakan kereta api, mobil atau kendaraan umum lainnya memiliki efek kesehatan yang lebih buruk ketimbang dengan pekerja yang naik sepeda atau berjalan kaki ke tempat kerja.



"Umumnya, masyarakat pengguna transportasi lebih banyak mengalami stres, waktu tidur yang tidak cukup, serta kelelahan," ujar Erik Hansson, salah satu penulis penelitian di Universitas Lund Swedia.



5. Menganggur Terlalu Lama


Hasil studi menunjukkan bahwa mereka yang menganggur terlalu lama atau selama lebih dari 25 minggu dalam satu tahun terakhir, dapat mengalami masalah kesehatan mental dan gangguang fisik.



"Ketika orang menganggur dalam jangka waktu yang panjang, mereka merasa telah kehilangan kendali atas kemampuan mereka untuk mencari nafkah dan mengurus keluarga. Mereka juga khawatir tentang masa depannya," ujar peneliti Arthur Goldsmith, seorang profesor ekonomi di Washington dan Lee University.



6. Meninggalkan Tidur Siang


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menemukan bahwa, mengambil waktu setengah jam untuk tidur siang, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang mematikan.



Jadi sebaiknya, manfaatkanlah waktu istirahat Anda di kantor dengan tidur siang sejenak. Selain terbukti baik untuk kesehatan jantung, ini juga bisa membantu Anda mendapatkan tubuh dan pemikiran yang fresh.



7. Teman di Tempat Kerja


Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology, karyawan yang percaya bahwa mereka memiliki dukungan pribadi dari rekan-rekan mereka di tempat kerja kemungkinan hidup lebih lama. Namun, jika mereka memiliki dukungan sosial yang rendah di kantor, maka kemungkinan akan meninggal dalam kurun waktu dekat.



8. Bergaul dengan Atasan


Biasakan diri Anda untuk akrab dan mencoba bergaul dengan bos di kantor. Bergaul dengan atasan bisa menurunkan kadar stres Anda dalam bekerja. Perilaku ini juga bisa menghindari Anda dari kelelahan, emosional, serta depresi.


0 comments:

Post a Comment