9 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur

Wednesday, August 8, 2012



Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur. Hasrat makan atau ngemil bisa datang kapan saja, termasuk ketika Anda sudah beranjak tidur. Boleh saja memuaskan hasrat makan di malam hari, tapi pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori seperti buah atau popcorn tanpa garam dan mentega.



Sebaliknya, hindari sembilan makanan ini sebelum tidur karena akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit, seperti dikutip dari All Women Stalk.


Makanan

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya membuat Anda sulit tidur, tapi juga bersifat diuretik, yang artinya membuat Anda ingin selalu buang air kecil. Ketika mata terjaga, otomatis keinginan untuk mengunyah makanan akan muncul dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat seperti keripik kentang, biskuit atau jenis junk food lainnya.



2. Cokelat


Cokelat memiliki zat yang berfungsi menenangkan dan memunculkan perasaan senang, tapi bukan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Bahkan jenis dark chocolate sekalipun, mengandung kafein dan banyak gula. Seperti kita tahu, gula akan menaikkan gula darah dengan cepat namun cepat pula turun sehingga menimbulkan rasa lapar yang berlebihan. Akibatnya, Anda pun akan makan berlebihan.



3. Keju


Bagi mereka yang intoleran atau alergi terhadap laktosa yang terkandung dalam susu, maka sebaiknya menghindari makan keju sebelum tidur. Sementara bagi yang tidak bermasalah dengan laktosa, mengonsumsi keju sebelum tidur tetap bisa menimbulkan gangguan karena membuat perut terasa penuh dan mual. Plus, keju adalah makanan yang tinggi lemak serta kalori dan bisa membuat tubuh semakin gemuk.



4. Makanan Pedas


Mengonsumsi makanan pedas saat akan beranjak tidur? Anda mencari masalah dengan perut. Cabai, merica dan bumbu pedas lain bisa menyebabkan heartburn (rasa seperti terbakar pada dada) dan pada beberapa orang bisa meningkatkan level energi. Bukannya tidur, Anda mungkin akan menghabiskan malam dengan membersihkan kamar mandi, mencuci mobil atau olahraga.



5. Cookies, Cake, Es Krim


Hindari semua makanan yang mengandung gula sebelum tidur seperti cookies, cake atau es krim. Gula akan menaikkan gula darah dan menambah energi (yang tidak dibutuhkan untuk tidur). Jika hasrat makan makanan manis datang di malam hari, carilah alternatif lain dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang atau mangga.



6. Hamburger


Hamburger dengan kalori dan lemak tinggi sebelum tidur? Bisa dipastikan tubuh Anda akan menumpuk kelebihan kalori dan lemak, terutama di area perut. Selain itu, hamburger yang berisi daging dan keju juga bisa menyebabkan heartburn. Hindari makanan berlemak agar tidur lebih nyenyak dan terasa segar ketika bangun di pagi hari.



7. Biji-bijian


Meskipun mengandung protein dan serat, biji-bijian (polong, kedelai, kacang merah, kacang panjang, buncis) sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Makanan tersebut menimbulkan gas dan membuat perut terasa tidak nyaman sepanjang malam. Sebaiknya makan biji-bijian ketika makan siang atau sore.



8. Soda


Soda adalah minuman yang popular. Sekarang ini semua orang hampir menyukai minuman bersoda. Meski rasanya enak, Anda harus berhati-hati bila terlalu banyak meminumnya, terutama saat menjelang tidur. Mengonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu panjang dapat berakibat buruk bagi kesehatan seperti penyakit diabetes dan jantung.



9. French Fries


Siapa yang tidak suka kentang goreng? Rasanya yang gurih lezat memang terlihat seperti camilan yang sempurna ketika rasa lapar mendera di malam hari. Tapi kentang goreng adalah salah satu makanan terburuk untuk dikonsumsi menjelang tidur. Minyak dan lemaknya akan bercokol di perut Anda ketika tidur dan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, bisa menyebabkan peningkatan kolesterol dan kegemukan. Saat mulut ingin mengunyah makanan gurih dan asin, makanlah kacang almond atau kraker rendah garam.




0 comments:

Post a Comment