4 Makanan yang Bikin Buang Angin Makin Bau

Tuesday, December 25, 2012



Makanan yang Bikin Buang Angin Makin Bau. Kentut merupakan reaksi tubuh yang normal, tetapi bisa sangat memalukan bila terjadi terlalu sering dan berbau. Beberapa makanan bisa membuat kentut Anda makin bau. Apa saja?



Kebanyakan orang akan buang gas alias kentut sekitar 12 kali setiap hari. Tetapi makanan yang Anda makan dapat menyebabkan kentut lebih sering dan sering lebih berbau busuk.



Berikut beberapa makanan yang membuat gas perut Anda makin berbau, seperti dilansir Livestrong :


Makanan yang Bikin Buang Angin Makin Bau

1. Kacang-kacangan

Tidak sedikit makanan yang menggunakan bahan kacang-kacangan, penyebab utama kentut berbau busuk. Kacang-kacangan biasanya menyebabkan kentut menjadi lebih sering dan gelembung gas yang membuat perut kembung. Karena makanan bergerak melalui usus halus, kacang mulai difermentasi dan dicerna menyebabkan gas yang dikeluarkan dengan bau busuk. Kandungan serat yang tinggi pada kacang-kacangan juga berkontribusi pada bau kentut.



2. Cabai

Selain kacang-kacangan, cabai dan rempah yang memberikan sensasi pedas juga dapat membuat gas perut berbau busuk.



3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu pelaku utama yang menyebabkan perut kembung dan kentut berbau busuk. Mayo Clinic mencatat bahwa sayuran yang tinggi serat, seperti brokoli, dapat menyebabkan gas perut cukup bau. Brokoli bisa sulit dicerna oleh tubuh, sehingga makanan lama di usus dan mulai menciptakan kelebihan gas.



4. Daging sapi

Daging sapi dapat menyebabkan gas perut lebih berbau dari daging lainnya, karena daging ini mengandung enzim yang dapat menimbulkan bau busuk. Daging sapu juga bergerak cukup lambat dalam sistem pencernaan, karena tidak mengandung serat, yang memungkinkannya tinggal di usus dalam jangka waktu yang lama, yang menyebabkan kentut berbau lebih busuk.




0 comments:

Post a Comment