6 Penyebab Sakit Kepala

Thursday, December 27, 2012



Penyebab Sakit Kepala. Sakit kepala bisa jadi gejala awal dari suatu penyakit lainnya. Dan kebanyakan penyebab sakit kepala adalah karena otot yang tegang. Dan sakit kepala bisa sangat mengganggu, bahkan bisa menghentikan kegiatan dan aktifitas anda karena rasa sakitnya.



Berikut ini ada 6 penyebab sakit kepala yang sering menyerang anda:



1. Kopi

Membuat pembuluh darah menyempit. Orang-orang yang sering sakit kepala biasanya bersahabat dengan kopi. Kopi memang bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Faktanya, beberapa jenis obat sakit kepala mengandung kopi di dalamnya. Namun di lain pihak, kopi juga bisa menyebabkan sakit kepala.


Penyebab Sakit Kepala

2. Rokok

Merokok termasuk dalam penyebab sakit kepala, bukan cuma terhadap orang yang merokok, tetapi juga perokok pasif di sekitarnya. Kandungan nikotin akan menyebabkan pembuluh darah ke otak menyempit, akibatnya aliran darah ke otak berkurang.



3. Udara panas

Kenaikan suhu udara seringkali menyebabkan timbulnya migren atau sakit kepala berat. Dalam sebuah studi diketahui 7,5 persen responden mengalami sakit kepala saat udara panas.



4. Aroma yang terlalu kuat

Pernahkah Anda merasa pusing gara-gara mencium aroma parfum? Aroma bau yang kuat, bahkan yang wangi, umumnya menyebabkan kepala pusing. Belum diketahui mengapa hal ini terjadi. Namun para ahli menduga bau yang memiliki aroma kuat merangsang sistem saraf. Selain parfum, bau cat, bunga, atau debu, sering menyebabkan kepala berdenyut.



5. Melewatkan makan siang

Perut kosong gara-gara tak sempat makan siang pada sebagian orang kerap menyebabkan sakit kepala. Selain pusing, perut kosong juga membuat gula darah turun, akibatnya tubuh terasa lemas. Segeralah makan siang dengan gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat untuk mengisi perut kosong. Gula dari makanan manis akan membuat gula darah melambung untuk kemudian turun lebih rendah lagi.



6. Red wine

Tyramine juga bisa kita temukan dalam red wine dan minuman keras. Alkohol yang terkandung dalam minuman itu akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kepala pun terasa pusing.


0 comments:

Post a Comment