Penyebab Kematian Terbesar di Asia Tenggara

Friday, September 7, 2012



Penyebab Kematian Terbesar di Asia Tenggara. Kematian dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk wabah penyakit menular, penyakit tidak menular dan kecelakaan. Berdasarkan data WHO kantor wilayah regional Asia Tenggara (South-East Asia Region Official, SEARO), rata-rata 3 dari 5 kasus kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular.



Penyakit tidak menular (PTM) adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, contohnya penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker. Jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular adalah sebanyak 55 persen atau sekitar 7,9 juta kasus per tahunnya di Asia Tenggara.



Sedangkan kematian akibat wabah penyakit menular seperti demam berdarah dan sebagainya sebanyak 35 persen dan 10,7 persen disebabkan karena kecelakaan.


Penyebab Kematian

"PTM yang paling banyak menyebabkan kematian di Asia Tenggara adalah penyakit kardiovaskular seperti masalah jantung dan stroke, diabetes tipe 2, kanker dan gangguan pernapasan kronis yang bergantung terhadap 4 faktor risiko seperti kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan konsumsi alkohol," kata Dr Renu Garg, Penasihat Regional (Pakar) Penyakit Tidak Menular, WHO SEARO dalam jumpa pers di Hotel Ambarukmo Yogyakarta.



Besarnya jumlah kematian akibat PTM tidak hanya menjadi masalah kesehatan tetapi juga berdampak terhadap ekonomi dan pembangunan. Berbagai sektor pemerintahan seperti pada bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan dan informasi harus bahu-membahu dalam melakukan upaya pencegahan.



WHO SEARO memberikan imbauan terhadap berbagai sektor pemerintahan di 11 negara anggota WHO kawasan regional Asia Tenggara, termasuk Indonesia untuk aktif melakukan pencegahan menyeluruh di berbagai sektor. Misalnya di sektor ekonomi dengan cara menaikkan pajak bagi perusahaan rokok, di sektor informasi dengan melarang penayangan iklan makanan yang tidak sehat, serta sektor pendidikan dengan mendidik anak usia sekolah untuk mempraktikkan gaya hidup sehat sejak dini.



Hal yang perlu dilakukan untuk menekan tingginya angka kematian akibat PTM adalah dengan melakukan tindakan pencegahan mulai dari lingkup keluarga hingga perbaikan fasilitas kesehatan oleh pemerintah.




0 comments:

Post a Comment