6 Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut

Wednesday, September 26, 2012



Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut. Beraroma dan berbunyi namun tak berwujud, itulah kentut. Tak ada orang yang menyukai kentut kecuali orang yang membuangnya sendiri. Oleh karena itu, kentut bisa jadi hal yang memalukan jika dilakukan di depan umum. Sebenarnya ada cara-cara sederhana untuk mengurangi gas di dalam perut.



Kentut merupakan produk alami dari proses pencernaan. Gas yang diramu di dalam usus ini merupakan campuran dari oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida dan metana. Rata-rata manusia memproduksi antara 1 - 4 liter gas usus setiap hari dan meluncurkan gas sekitar 14 kali dalam sehari.



Agar tidak sering kentut, berikut ada beberapa cara sederhana seperti dilansir Fox News :


Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut

1. Kunyah Makanan Baik-baik

Mengunyah makanan dengan baik akan membuat makanan menjadi bagian yang lebih halus dan mudah dicerna enzim pencernaan. Jika mengunyah karbohidrat dengan baik, enzim pencerna pati yang diproduksi di mulut akan membantu memecah makanan lebih efektif.



2. Atur Pola Makan

Makanan yang dimakan banyak mempengaruhi seberapa banyak dan seberapa bau gas yang dikeluarkan tubuh. Karbohidrat yang mengandung gula alami akan memicu gas, sedangkan protein dan lemak tidak.



Mengonsumsi makanan manis setelah makan protein dapat memicu penumpukan gas pencernaan. Penyebabnya karena protein dicerna lebih lambat dari gula. Ketika gula ada di atas protein, gula yang dicerna lebih cepat akan terfermentasi.



3. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang penting untuk kesehatan usus. Ada banyak obat yang dapat membunuh bakteri dalam usus, misalnya antibiotik. Oleh karena itu, penting untuk mengisi ulang bakteri-bakteri baik. Probiotik dapat diperoleh dari yogurt.



4. Minum Teh Peppermint

Jika sering buang angin setelah makan, salah satu obat sederhana adalah minum secangkir teh peppermint setelah makan. Cara ini sering bermanfaat mengurangi produksi gas. Sebaiknya pilih teh organik bila memungkinkan.



5. Jamu Pahit dan Rempah-rempah

Formulasi herbal pahit yang berisi campuran tanaman artichoke dan gentian dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dan meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu pencernaan dan mengurangi gas pencernaan.



Rempah-rempah juga dapat menetralisir gas karena kandungan komponen aromatiknya yang membantu pencernaan. Kapulaga, jintan, adas manis dan adas dapat membantu untuk mengurangi gas di usus.



6. Minum Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan dapat membantu memecah dan mencerna makanan. Suplemen ini mengandung zat yang diproduksi tubuh untuk memecah makanan secara efisien. Seringkali karena stres dan obat-obatan, tubuh kurang cukup memproduksi enzim. Beberapa perusahaan farmasi membuat produk enzim pencernaan yang cukup bagus.




0 comments:

Post a Comment