10 Makanan Sehat yang Bikin Gemuk

Wednesday, September 19, 2012



Makanan Sehat yang Bikin Gemuk. Bila selama ini Anda menyalahkan junk-food sebagai satu-satunya biang keladi yang membuat 'kemajuan besar' pada perut Anda, cek lagi tuduhan Anda itu.



Berikut menemukan sepuluh makanan sehat yang ternyata juga bisa membuat ukuran pinggang Anda bertambah, berikut alasannya.



1. Sushi

Penggemar sushi harus berhati-hati. Sayuran dan rumput laut memang tercatat sebagai makanan rendah kalori. Namun campuran krim keju atau mayonnaise, membuat satu roll sushi mengandung 500-600 kalori. Bila ditambah kecap akan membuat bobot kalorinya bertambah lagi karena kandungan sodium yang membuat Anda ingin terus minum dan makan.


Sushi

Carilah sushi yang bahan dasar rollnya dari ikan, beras, rumput laut, atau sayuran. Lewatkan sushi yang mengandung krim di dalamnya. Sashimi dan nigiri adalah pilihan yang aman. Atau pesan saja edamame, yang kaya protein dan mengenyangkan.



2. Buah kering

Buah yang dikeringkan ternyata memiliki kalori lebih banyak dibandingkan buah segar. Hal ini karena buah-buahan yang dikeringkan telah mengalami proses pengeringan yang menjadikannya lebih padat. Contoh, anggur segar memiliki 60 kalori per gelas, sedangkan kismis (anggur yang dikeringkan) memiliki 460 kalori. Tak sedikit juga buah kering yang menggunakan gula tambahan sehingga jumlah kalorinya bisa lebih tinggi.



Jika ingin benar-benar mengonsumsi buah yang dikeringkan sebagai camilan, maka pilihlah buah mangga yang dikeringkan. Mangga hanya memiliki kandungan kalori paling kecil di antara buah-buahan lain, yaitu 16 kalori per porsi.



3. Keripik sayuran


Keripik sayuran yang berwarna-warni memang menarik. Tapi ternyata makanan ini memiliki sekitar 150 kalori dan 9 sampai 10 gram lemak per lembarnya. Jangan terbujuk dengan janji rendah lemak pada kemasannya. Banyak produsen masih menggunakan tepung kentang atau tepung jagung dalam proses pengolahannya.



Pastikan keripik sayuran yang Anda beli betul-betul menggunakan sayuran sebagai bahan utama, bukan tepung kentang atau tepung jagung. Atau ganti saja dengan keripik tortilla panggang. Walaupun menghabiskan seporsi (sekitar 12 chip), Anda hanya menambahkan 153 kalori dalam diet Anda, plus hampir bebas lemak.



4. Granola


Menu sarapan sehat yang terdiri dari kacang dan gandum ini ternyata memiliki kalori sebesar 500 per mangkuknya dan 28 gram lemak sebelum Anda menambahkan susu.



Lebih baik memilih sereal lain dengan nutrisi yang sama namun sedikit minyak dan gula. Atau campurkan seperempat cangkir granola dengan secangkir sereal rendah kalori, seperti oatmeal.



5. Yogurt


Jika selama ini Anda merasa aman mengonsumsi yogurt berpenambah rasa, kali ini Anda harus berpikir ulang. Ternyata yogurt berpenambah rasa malah membuat lemak Anda bertambah. Mengonsumsi yogurt berpenambah rasa, Anda bisa menenggak 15 gram lebih tambahan gula, sama seperti menyuapkan empat sendok teh gula ke dalam mulut.



Pilih yogurt rendah lemak atau yogurt tanpa rasa, kemudian aduk dengan satu sendok teh madu, atau dengan buah-buahan segar agar rasa manis yang dihasilkan alami. Jika ingin lebih bebas lemak, pilihlah yogurt Yunani yang lebih rendah gula bahkan dari yogurt polos. Yogurt Yunani juga memiliki protein dua kali lebih banyak, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama.



6. Jus buah


Siapa sangka jus buah dapat membuat tubuh gemuk? Segelas jus kemasan bercitarasa jeruk atau apel memiliki 55 gram karbohidrat, sama dengan satu potong roti. Dan kebanyakan jus yang beredar di pasaran mengandung sampai 12 sendok gula.



Buatlah jus buah Anda sendiri, tanpa tambahan gula. Jika, buah yang Anda pakai adalah buah segar, maka rasa manis dari buah itu sendiri sudah cukup, tidak perlu gula lagi.



7. Minuman diet


Penelitian yang dilakukan Texas University School of Medicine terhadap 500 pria dan wanita menunjukkan, mereka yang meminum minuman bebas gula atau minuman diet secara teratur, meski hanya satu atau dua kaleng sehari, terbukti memiliki lingkar pinggang lebih lebar dari mereka yang tidak mengonsumsinya. Pemanis buatan dalam minuman kola yang 'bebas gula' itu mungkin dapat menggantikan sukrosa alami, tetapi efek yang timbulkan malah justru dapat menambah nafsu makan.



Paling baik, mulai kurangi kebiasaan minum minuman bersoda meskipun ada label diet di kemasannya. Ganti dengan air putih, sampai kebiasaan itu hilang.



8. Salad dressing


Tidak ada yang lebih baik daripada sayuran tanpa bumbu apapun. Penambahan keju, kacang, saus salad membuatnya kaya akan kalori bahkan lebih tinggi dari pasta.



Gunakan dressing yang berbahan dasar minyak, saus rendah lemak (biasanya 2 sampai 4 gram lemak per 2 sendok makan), seperti minyak zaitun dan canola. Atau buat sendiri dressing untuk sayuran Anda dengan campuran 2 sendok teh minyak zaitun, 1 1/2 sendok makan cuka apel, 1/2 sendok mustard, dan sejumput bawang putih cincang.



9. Kacang


Kacang adalah makanan sehat menakjubkan. Makanan ini sarat nutrisi, mineral, vitamin dan protein, dan penuh rasa. Tapi sebenarnya kacang juga mengandung lemak dan memberi Anda tambahan 600 kalori untuk setiap 100 gram kacang yang Anda makan.



Gunakan kacang hanya untuk tambahan makanan saja. Jangan terlalu banyak. Hindari mengemil kacang karena Anda mungkin tidak tahu kapan harus berhenti.



10. Minyak zaitun


Minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk memasak. Meskipun mengandung lemak tak jenuh yang sehat, minyak zaitun murni bisa rusak dalam temperatur tinggi. Minyak zaitun murni sebaiknya hanya digunakan untuk dressing salad atau mengasinkan sayur dan daging. Jika ingin menggunakan minyak zaitun untuk memasak, jaga agar suhu wajan antara 93 hingga kurang dari 200 derajat Celcius. Gunakan dengan hemat karena satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 135 kalori.



Jika Anda suka membumbui makanan dengan minyak zaitun dan tidak ingin pilihan lain, jaga supaya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.




0 comments:

Post a Comment