Okinawa, Pulau Tersehat di Dunia

Thursday, September 20, 2012



Okinawa, Pulau Tersehat di Dunia. Hidup hingga usia 100 tahun menjadi dambaan banyak orang. Sayang, bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya, terlebih dengan gaya hidup dan kualitas lingkungan yang buruk.



Di Jepang terdapat sebuah pulau yang diklaim sebagai pulau tersehat di dunia dengan ratusan warganya hidup sampai usia di atas 100 tahun.



Lalu bagaimana cara mereka menjaga kebugaran tubuh?


Pulau Tersehat di Dunia

Di pulau Okinawa, terdapat 457 orang yang berusia di atas 100 tahun, sedangkan rata-rata usia hidup penduduknya berkisar antara 78 tahun untuk pria dan 86 tahun untuk wanita. Inilah yang membuat pulau Okinawa diakui sebagai tempat paling sehat di dunia dibandingkan negara lain atau bahkan tempat-tempat lain di Jepang sendiri.



Warga lanjut usia di Okinawa masih menikmati aktivitas sehari-hari layaknya anak muda di usia produktif. Seikichi Uehara misalnya. Pria berusia 96 tahun itu hingga kini masih aktif melakoni profesinya sebagai atlet bela diri.



Seikichi telah memegang rekor juara tinju selama 30 tahun berturut-turut. Lain lagi dengan Nabi Kinjo. Perempuan berusia 105 tahun itu masih cekatan berburu ular berbisa di hutan lebat di dataran Okinawa.



Seperti diberitakan Oddity Central, para penduduk Okinawa memegang prinsip turun-temurun yang membuat mereka tetap semangat di usia tua. Mereka selalu ingat sebuah pepatah lama yang berbunyi, “Di umur 70, kau masih anak-anak. Umur 80, kau seorang pemuda. Jika di umur 90 ada seseorang dari surga yang mengajakmu meninggalkan dunia, katakan “Pergilah, datangi aku lagi saat usiaku sudah 100 tahun.”’



Selain prinsip hidup yang begitu kuat, kunci rahasia panjang umur para warga Okinawa terletak pada pola makan dan gaya hidup. Mereka jarang mengonsumsi daging merah, karena makanan sehari-hari mereka hanya nasi, ikan, tahu, dan sayuran.



Panganan dari daging yang sering mereka konsumsi hanya Mimiga, sajian dari telinga babi yang rendah lemak namun kaya akan kalsium. Tanaman kentang dari Okinawa juga disebut sebagai yang terbaik di Jepang. Sebutir kentang Okinawa yang dipanggang mengandung 20.000 IU beta carotene dan vitamin A.



Para penduduk Okinawa juga jarang mengalami stress. Menghindarkan diri dari stress membuat para lansia di Okinawa memiliki keriput yang lebih sedikit dari orang-orang seusia mereka di belahan dunia lainnya. Hal ini diakui seorang petani berusia 88 tahun yang masih giat bekerja selama 11 jam per hari.



“Saya jarang marah. Saya menikmati hidup karena saya senang dengan pekerjaan saya dan saya rasa, inilah kunci kebahagiaan dalam hidup,” ujarnya.


0 comments:

Post a Comment