Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan

Tuesday, December 25, 2012




Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan. Cuaca yang tak bisa diprediksi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti pilek, dan flu yang berakibat dengan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Banyak orang mengonsumsi obat untuk melegakan tenggorokan.



Namun, menurut Benjamin Asyer, MD, PC dari American Academy of Otolaryngology, obat alami merupakan solusi terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Berikut ini beberapa cara secara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan :


Sakit Tenggorokang

Obat Telan

Obat standar untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan sesendok makan madu dalam air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang baik. Cara ini dapat melapisi dan akan menenangkan iritasi pada tenggorokan.



Obat Kumur

Berkumur dengan air garam atau larutan lain menjadi solusi lain untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan disebabkan iritasi udara kering atau alergi. Penelitian di India terhadap pasien yang dipasang tabung trakea pasca operasi diminta untuk berkumur menggunakan satu sendok teh licorice dalam delapan ons air. Hasilnya ditemukan bahwa berkumur dengan campuran tersebut dapat mengurangi tingkat keparahan sakit tenggorokan. Anda bisa mencari cairan licorice di toko obat atau jamu.



Cara lain untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan cuka sari apel organik. Cuka apel dianggap dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras jenis cuka lain. Satu sendok Wiski Bourbon dicampur segelas air hangat juga bisa digunakan untuk berkumur. Cairan ini mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan.



Cegah Kambuh

Menurut Dr Asyer, pencegahan merupakan obat terbaik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus. Cara termudah untuk mencegah sakit tenggorokan dimulai dari lingkungan sekitar.



Misalnya, jika Anda menderita sakit tenggorokan di pagi hari, bisa disebabkan oleh kekeringan dari bernapas melalui mulut pada malam hari, atau bisa juga dipicu oleh refluks asam saat sedang tidur. Pelembab bisa mengatasi udara kering. Selain itu, aturlah bantal agar kepala sedikit terangkat sehingga dapat mencegah sakit tenggorokan akibat kenaikan asam lambung.



Apapun yang Anda lakukan, jangan mengabaikan sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu, bisa menjadi tanda adanya masalah serius. Jika Anda merasa rasa sakit semakin parah sehingga kesulitan menelan makanan, segera temui dokter. Para perokok yang lama mengalami sakit tenggorokan juga harus segera ke dokter.





0 comments:

Post a Comment