Mana Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi?

Sunday, December 23, 2012



Konsumsi Roti atau Nasi?. Banyak perbedaan pendapat dalam mengkonsumsi roti dan nasi. Ada yang mengatakan bahwa nasi bisa membuat Anda gemuk, tapi ada pula yang bilang kalau roti sulit dicerna. Jadi, mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut seperti dikutip dari situs Bold Sky.



1. Karbohidrat

Kedua makanan ini mempunyai kandungan karbohidrat yang berbeda. Nasi memiliki karbohidrat yang rendah sedangkan roti kaya akan karbohidrat kompleks. Proses enzim dalam tubuh akan memecah karbohidrat kompleks yang menyebabkan asupan kalori lebih banyak. Jadi, jika Anda sedang mengalami sakit perut, lebih baik mengkonsumsi nasi daripada roti karena energi yang dibutuhkan untuk memecah karbohidrat dari nasi lebih rendah.


Roti VS Nasi

2. Malas dan Lesu

Tidak sedikit dari Anda yang merasa malas atau lesu setelah makan nasi pada siang dan malam hari. Hal itu disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah dalam nasi. Untuk mengatasi rasa malas tersebut, ada baiknya Anda mengkonsumsi roti yang tidak mengakibatkan tubuh menjadi lesu.



3. Lemak

Nasi lebih banyak mengandung lemak daripada roti. Bagi Anda yang menderita obesitas dianjurkan agar tidak makan nasi yang bisa membuat tubuh semakin gemuk. Namun, jika Anda ingin mengkonsumsi nasi, masaklah dengan menggunakan pressure cooker supaya semua air menyerap ke dalam beras sehingga lebih sehat saat dikonsumsi.



4. Serat

Beras atau roti, mana yang mempunyai banyak serat? Jawabannya sangat mudah, yaitu roti. Roti kaya karbohidrat kompleks yang merupakan sumber dari serat. Serat sangat penting untuk melancarkan pencernaan. Sesungguhnya, kedua makanan ini memiliki manfaat masing-masing. Jadi, sebelum mengkonsumsinya, pertimbangkan kembali faktor-faktor yang bisa membuat tubuh Anda semakin sehat.


0 comments:

Post a Comment