Kopi Ampuh Turunkan Risiko Diabetes

Wednesday, December 26, 2012



Kopi Ampuh Turunkan Risiko Diabetes. Jika selama ini kopi membantu Anda tetap terjaga, sebuah penelitian baru menunjukkan manfaat lain kopi. Ternyata kopi ampuh untuk mencegah penyakit diabetes.



Peneliti dari Huazhong University of Science and Technology menemukan sedikitnya tiga kandungan senyawa alami terkandung dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa inilah yang berjasa menangkal perkembangan racun dari protein terkait risiko diabetes tipe 2.


Manfaat Kopi

"Kami menemukan bahwa tiga senyawa utama kopi dapat membalikkan proses pembentukan racun ini dan menjelaskan mengapa meminum kopi berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, ungkap pimpinan peneliti Kun Huang dari Huazhong University of Science and Technology, seperti dilansir melalui Dailymail, Rabu (18/1).



Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, namun senyawa dalam kopi bekerja untuk mencegah proses produksi sel insulin dari kehancuran.



Temuan yang dipublikasikan dalam journal of Agricultural and Food Chemistry ini juga mendukung penelitian sebelumnya, bahwa orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.



Penelitian ini juga menunjukkan, kopi decaffein (kopi dengan kadar kafein sedikit) bekerja lebih baik menurunkan risiko diabetes tipe 2.



"Pada kopi yang sedikit jumlah kafeinnya, persentase jumlah asam kafeik dan asam klorogenik lebih tinggi dibandingkan kopi biasa," tambahnya.


0 comments:

Post a Comment