Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Thursday, December 27, 2012



Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol. Untuk mengurangi LDL, mengurangi asupan lemak jenuh. Lemak jenuh biasanya ditemukan di produk-produk hewani seperti daging, susu, krim, mentega dan keju. Lemak jenuh juga berasal dari minyak nabati seperti kelapa, minyak kelapa, dan lemak.



Tapi banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh, sehingga efektif dalam mengurangi kadar kolesterol.


Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

1. Kedelai

kedelai mengandung isoflavon, yang merupakan zat yang dapat mengurangi kolesterol LDL.



Tapi ingat, jika masak kedelai dilakukan dengan tidak benar, maka sama aja bo'ong. Misalnya, digoreng atau dicampur dengan santan dan minyak goreng. Karena, santan dan minyak goreng adalah sumber lemak jenuh.



Dewan Pengawas Organisasi Amerika Serikat dan Drug Administration (FDA) merekomendasikan mengkonsumsi kurang dari 25 gram protein kedelai per hari untuk mengurangi kadar kolesterol.



2. Kacang

Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Konsumsi serat larut dapat menurunkan kolesterol. Makanan biji-bijian seperti kacang hijau, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sampai 10%.



3. Ikan Salmon

salmon ini sangat bagus, karena mengandung Omega-3 asam dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan HDL dan trigiserilda. Salmon mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung.



The American Heart Association merekomendasikan minimal dua kali per minggu untuk manfaat maksimal. Selain salmon, tuna, trout, sarden, mackerel dan herring juga baik.



4. buah Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar HDL. Sayangnya, alpukat tinggi kalori, sehingga harus dikombinasikan dengan sayuran yang dapat mengurangi kalori.



Sebuah alpukat ukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak jenuh bukanlah tubuh manusia normal, sementara kebutuhan adalah 1800 kalori dan 30 gram lemak jenuh per hari.



5. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih diduga mengandung banyak zat yang baik bagi kesehatan manusia. Orang-orang Mesir kuno digunakan bawang putih untuk meningkatkan daya tahan.



Di masa modern, bawang putih digunakan untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh terhadap infeksi.



Hasil penelitian terakhir, bawang putih bisa mencegah partikel kolesterol dalam dinding pembuluh darah.



6. Bayam

Bayam mengandung lutein dalam jumlah besar. Lutein adalah prinsip penting yang dapat menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein juga mampu mempertahankan kesehatan jantung karena bisa mencegah lemak dalam pembuluh darah terlampir. Dianjurkan untuk makan bayam setiap hari sekitar setengah kontainer untuk hasil yang maksimal.



7. Margarin

Ada beberapa jenis margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, margarin bunga canola dari biji



8. Mete, almond dan kenari

Monounsaturated lemak dalam kacang mete, almond dan kacang-kacangan adalah makanan rendah lemak baik untuk kesehatan jantung.



Kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Sayangnya, seperti alpukat, kacang kaya akan protein. Oleh karena itu, tidak makan kacang manfaat maksimal benar-benar serakah.



9. Teh

Teh, minuman panas atau dingin, semua manfaat yang sama. Teh mengandung antioksidan yang dapat membuat pembuluh darah rileks untuk mencegah pembekuan darah.



Antioksidan flavonoid dalam teh dapat mencegah oksidasi LDL terkemuka menumpuk di dalam pembuluh darah. Menikmati secangkir teh setiap hari bisa memenuhi kebutuhan antioksidan.



10. Coklat

Rupanya, coklat yang sehat. Tentu saja, dicampur dengan susu cokelat mengandung terlalu banyak lemak. Oleh karena itu, memilih coklat hitam atau pahit. cokelat yang sehat karena mengandung banyak antioksidan dan flavonoid. coklat putih tidak mengandung zat sehingga kurang sehat untuk mengkonsumsi.


0 comments:

Post a Comment