11 Cara Mencegah Terjadinya Disfungsi Ereksi Pada Pria

Friday, November 16, 2012



Cara Mencegah Terjadinya Disfungsi Ereksi Pada Pria. Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum laki-laki adalah disfungsi ereksi, karena bisa menurunkan kepercayaan diri dan tidak dapat memuaskan pasangan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pria agar tetap bisa ereksi dengan kuat dan selalu jantan.



Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi yang mana seorang laki-laki mengalami kegagalan dalam memulai atau mempertahankan ereksi sampai batas waktu yang diperlukan oleh kedua pasangan seksual dalam mencapai kepuasan.



Para ahli memberikan rekomendasi untuk mencegah terjadinya disfungsi ereksi, seperti dikutip dari WebMD :


Disfungsi Ereksi

1. Perhatikan apa yang dimakan

Mengonsumsi makanan yang buruk bagi jantung akan berpengaruh pada kemampuan ereksinya, karena bisa menghambat aliran darah yang diperlukan oleh penis untuk ereksi. Untuk itu hindari makanan berlemak, gorengan dan yang diproses, tapi perbanyak buah, sayur, lemak sehat, kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun.



2. Menjaga berat badan tetap sehat


Kelebihan berat badan bisa berpengaruh terhadap kesehatan termasuk diabetes tipe 2 yang dapat merusak saraf di seluruh tubuh. Jika yang kena adalah saraf yang mempengaruhi penis maka disfungsi ereksi bisa terjadi.



3. Hindari tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi


Kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh yang membawa darah ke penis sehingga menyebabkan disfungsi ereksi. Untuk itu kontrollah tekanan darah dan kolesterol secara teratur.



4. Tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan


Peminum alkohol berat bisa menyebabkan kerusakan pada hati, saraf dan kondisi lainnya yang bisa memicu disfungsi ereksi.



5. Olahraga secara teratur


Olahraga seperti berjalan, berenang dan aerobik diketahui bisa meningkatkan status kesehatan seseorang. Tapi hati-hati dengan olahraga yang menempatkan tekanan berlebih pada perineum (daerah antara skrotum dan anus), karena jika tidak menggunakan alat pelindung yang benar bisa menyebabkan disfungsi ereksi.



6. Jangan hanya mengandalkan senam Kegel


Latihan kegel umumnya melibatkan otot-otot di panggul yang bisa membantu laki-laki dan perempuan yang mengalami inkontinensia (sulit menahan pipis), tapi belum ada bukti yang kuat bahwa latihan ini bisa mencegah disfungsi ereksi.



Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.



Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.



7. Mengawasi kadar hormon testosteron


Umumnya kadar hormon testosteron mulai menurun setelah berusia 40 tahun dan bisa mempengaruhi tingkat gairah seksual. Untuk itu penting memperhatikan kadar testosteron.



8. Hindari obat steroid anabolik


Obat ini umumnya sering disalahgunakan oleh para atlet dan binaragawan, padahal obat ini diketahui bisa mengecilkan testis dan mengganggu kemampuan kelenjar membuat testosteron.



9. Berhentilah merokok


Merokok bisa membahayakan pembuluh darah dan membatasi alirannya ke penis, sedangkan nikotin yang terkandung di dalamnya bisa membuat pembuluh darah menyempit dan memicu disfungsi ereksi.



10. Jauhi seks berisiko


Beberapa kasus disfungsi ereksi disebabkan oleh cedera pada batang penis saat melakukan hubungan seks. Untuk itu hindari posisi seks yang berisiko dan pastikan vagina sudah dilumasi dengan baik. Jika penis sudah terasa sakit sebaiknya dihentikan.



11. Mengurangi stres


Stres psikologis akan meningkatkan kadar hormon adrenalin yang membuat pembuluh darah menyempit dan bisa berujung pada disfungsi ereksi. Karenanya mengurangi ketegangan dan membuat rasa emosional lebih baik akan memberikannya dorongan seks yang lebih besar.




0 comments:

Post a Comment