7 Suplemen Untuk Sembuhkan Influenza

Friday, November 23, 2012

7 Suplemen untuk sembuhkan influenza
Mencuci tangan, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan berolahraga dalah cara-cara untuk mencegah flu. Namun jika sudah terlanjur terkena flu, bagaimana? Jangan khawatir dulu. Berikut ini adalah suplemen yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan flu, seperti dilansir oleh Prevention (19/11).

1. Omega 3
Jika tak suka makan ikan, cukup konsumsi saja suplemen omega-3 setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Omega 3 mampu meningkatkan aktivitas phagocytes, sel yang melawan bakteri flu. Selain itu, omega 3 juga melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.
2. Astragalus
Astragalus adalah akar-akaran obat dari China yang merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa astragalus meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada tikus. Meski begitu, harus diingat bahwa astragalus baru berkhasiat setelah dikonsumsi selama enam sampai delapan minggu.
3. Echinacea
Tanaman herba ini mampu mempersingkat masa sakit akibat flu jika segera diminum sejak awal gejala flu muncul.Meski begitu, beberapa suplemen hanya mengandung sedikit echinacea. Echinacea juga menyebabkan efek samping seperti diare dan rasa gatal.
4. Vitamin D
Nutrisi seperti vitamin D bagus untuk mencegah flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang dengan tingkat vitamin D lemah lebih berisiko terkena infeksi pernapasan hingga 36 persen dibandingkan mereka yang memiliki cukup vitamin D. Karena mendapatkan vitamin D dari sinar matahari cukup susah, Anda bisa meminum suplemen vitamin D saja.
5. Suplemen ginseng
Mengonsumsi dua kapsul suplemen ginseng setiap hari membantu orang yang terkena flu sembuh dua kali lebih cepat dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi placebo. Ginseng mengandung senyawa yang meningkatkan sel darah putih dan interleukins yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh.
6. Seng
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen seng 30 mg pada saat awal terkena flu mampu mempersingkat masa penyembuhan. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena mengonsumsi lebih dari 50 mg suplemen seng sehari mampu menekan sistem kekebalan tubuh dan menghalangi penyerapan mineral penting lainnya.
7. Vitamin C
Anda bisa mengonsumsi makanan atau buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Namun jika tak sempat, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Sebuah penelitian tahun 1007 menunjukkan bahwa suplemen vitamin C mampu mencegah dan mengobati flu. Namun jika terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda bisa berisiko terkena batu ginjal, gangguan pada perut, atau pendarahan di bagian dalam.
Itu dia beberapa suplemen yang bisa digunakan untuk melawan virus flu. Beberapa suplemen baik dan tidak memiliki efek samping. Namun beberapa lainnya tak baik jika dikonsumsi berlebihan serta menimbulkan efek samping. Jadi, hati-hati juga sebelum memilih suplemen yang Anda konsumsi.

0 comments:

Post a Comment