7 Makanan untuk Memperkuat Otot Pria

Sunday, June 3, 2012



Makanan untuk Memperkuat Otot Tubuh Pria. Otot yang kuat dan bagus dapat diperoleh dengan kalori yang memadai, cairan, protein dan latihan fisik untuk memperkuat otot. Minum banyak cairan, makan makanan kaya energi yang tepat bersama dengan latihan fisik dapat membuat pria lebih berotot.



Menurut American Dietetic Association (ADA) dan American College of Sport Medicine (ACSM), resep untuk mendapatkan bentuk otot yang bagus adalah memenuhi diet seimbang dengan kalori yang cukup untuk mendukung latihan fisik.



ADA dan ACSM merekomendasikan asupan kalori yang cukup termasuk lemak dan protein. Rekomendasi tersebut dengan penekanan pada 5 atau lebih porsi harian buah dan sayuran, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, dan cairan yang cukup. Cairan yang cukup diperlukan untuk hidrasi yang optimal.


Makanan Untuk Otot

Untuk mendapatkan hasil dari latihan fisik yang bertujuan membentuk otot, maka membutuhkan kombinasi karbohidrat dan protein yang sehat. Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Sedangkan karbohidrat dapat menyediakan energi untuk bahan bakar. Tetapi tentunya tidak bisa berharap untuk memiliki otot yang bagus hanya dengan makan protein saja. "Protein dapat berfungsi membentuk otot jika disertai dengan latihan fisik yang bertujuan untuk menbentuk otot," kata Christine Rosenbloom, PhD, RD dan editor editor of ADA’s Sports Nutrition Manual.



Para ahli merekomendasikan makanan yang dapat berfungsi untuk membangun otot seperti dikutip dari WebMD antara lain:



1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah dasar dari semua diet yang sehat. Diet sehat selalu menyertakan buah dan sayuran karena dapat menyediakan serat, vitamin, mineral, dan cairan. Sayuran juga mengandung sejumlah kecil protein.



2. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak dapat menyediakan protein yang berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin penting seperti vitamin D, potasium, dan kalsium.



Rosenbloom dan Clark merekomendasikan susu cokelat sebagai minuman yang baik untuk pemulihan setelah latihan fisik. Jika seseorang intoleransi laktosa, mungkin akan dapat memilih yogurt dengan kultur aktif.



3. Daging

Daging merupakan sumber protein, besi, dan asam amino termasuk leusin. Kandungan besi dalam daging berguna untuk transportasi oksigen ke otot. "Nutrisi yang terkandung dalam daging dapat memicu pertumbuhan otot," kata Rosenbloom.



4. Daging ayam yang berwarna gelap

Ayam tanpa kulit memang cukup baik karena rendah lemak. Namun, dengan memilih daging ayam yang berwarna gelap dan meningkatkan zat besi sebesar 25 persen, serta meningkatkan 3 kali zink dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.



5. Telur

Dietary Guidelines 2010 mengatakan bahwa, satu telur sehari baik untuk diet sehat, tetapi jangan membuang kuning telur. "Telur mengandung semua asam amino esensial dan setengah protein dalam kuning telur dengan nutrisi lainnya seperti lutein memiliki manfaat kesehatan mata," kata Rosenbloom.



6. Kacang

Kacang mentah tanpa garam atau kacang yang dipanggang adalah sumber protein yang baik yang juga mengandung vitamin, antioksidan, serat dan lemak sehat.



7. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan karbohidrat yang berkualitas, dan mengandung sejumlah kecil protein. Sejumlah kecil protein dalam biji-bijian dapat memberikan energi dan membentuk otot, bersama dengan serat, vitamin dan antioksidan.




0 comments:

Post a Comment