10 Hal Penting dalam Mempromosikan Diri dalam dunia Kerja

Friday, January 4, 2013



Hal Penting dalam Mempromosikan Diri dalam dunia Kerja. Dalam masalah pekerjaan, wanita rata-rata menjadi sosok yang pasif dan menutup diri. Peninah Thomson, pimpinan yayasan mentoring yang mempunyai misi mencetak wanita-wanita eksekutif, mengatakan "Wanita lebih mungkin untuk memberitahu Anda 3 alasan mengapa mereka tidak siap untuk promosi, sedangkan pria akan memberikan 10 alasan mengapa Anda harus mempromosikan dirinya, bahkan saat mereka memiliki kemampuan yang sama."



1. Sadar

Thomson menegaskan, "Beberapa wanita akan berkembang dengan baik jika mereka tahu seberapa pintar mereka, mengingat wanita lebih kritis terhadap diri sendiri. Tapi mereka harus memahami bahwa promosi diri bukan ajang pamer dan sesumbar tentang kepandaian mereka melainkan dengan menunjukkan prestasi mereka secara tenang dan percaya diri. Wanita juga perlu berinisiatif untuk mendapatkan sebuah jabatan, bukan hanya menunggu untuk ditawari jabatan tersebut."


Hal Penting dalam Mempromosikan Diri dalam dunia Kerja

2. Promosi Diri

Catalyst, sebuah grup penelitian internasional, menemukan bahwa promosi diri merupakan kunci yang paling efektif dalam keberhasilan seorang wanita, tidak hanya dalam bisnis tetapi juga dalam kehidupan sosial dan percintaan. Wanita yang mampu menunjukkan keberhasilan dan prestasi kerja, akan lebih merasa puas terhadap karir dan mempunyai gaji yang lebih besar daripada mereka yang tidak melakukannya.



3. Waktu yang Tepat

Kate Grussing, managing director dari Sapphire Partners, sebuah konsultan untuk mempekerjakan dan mempromosikan pekerja wanita eksekutif, memberikan tips untuk mempromosikan diri di tempat kerja. Pertama dan yang terpenting adalah sabar dan menunggu waktu yang tepat. Untuk mencapai sebuah prestasi, Anda dituntut memiliki ketahanan dan bekerja keras.



4. Menambah Kemampuan

Selain itu, Anda juga perlu menambah kemampuan Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam memenuhi kualifikasi tertentu seperti misalnya mengambil kelas public speaking. Sehingga ketika Anda melakukan presentasi, Anda akan lebih terlihat mengagumkan.



5. Networking

Selanjutnya adalah networking. Sejak dulu, jaringan pertemanan diyakini menjadi kunci yang cukup efektif untuk meningkatkan karir seseorang. Karena dengan banyaknya jaringan pertemanan yang Anda miliki, akan membuka peluang untuk karir Anda di masa mendatang.



6. Berani

Tips berikutnya adalah tampil beda dan berani mengambil resiko. Kate memberikan contoh, seorang business woman dibalik brand Ultimo yang memproduksi pakaian dalam wanita, Michelle Mone. Ketika perusahaan ini hampir bangkrut, Michelle melakukan penyelamatan dengan cara yang cukup berani. Dia berusaha untuk menurunkan berat badan demi menjadi model untuk brandnya sendiri. Menurut Michelle, hal ini dilakukan agar konsumennya yang merupakan wanita biasa, merasa menjadi bagian dari brand ini, karena model brand tersebut bukan selebriti dengan tubuh yang bagus tetapi sesama wanita biasa.



7. Sukarela

Jadilah relawan untuk perkerjaan tertentu. Jangan menunggu agar terlibat dalam sebuah proyek, menawarkan diri untuk ikut terlibat juga bisa memberikan nilai plus untuk Anda, Selain itu, dengan menjadi relawan dapat membantu Anda dikenal banyak orang sehingga mereka menyadari keberadaan dan kemampuan Anda. Jadilah visible!



8. Fokus

Selanjutnya, jangan fokus pada kegagalan Anda, tetapi fokuslah pada kesuksesan Anda. Ketika gagal, Anda dituntut untuk memiliki ketahanan kerja yang tinggi sehingga tidak berhenti mencoba untuk terus maju. Di sisi lain, Anda harus cukup percaya diri bahwa Anda bisa mencapai sebuah prestasi kerja. Namun Daily Mail menegaskan jangan sampai timbul percaya diri yang berlebih karena hal tersebut justru bisa menghancurkan karir Anda.



9. Memiliki Mentor

Mencari mentor yang ahli di bidangnya demi promisi diri juga bisa dilakukan. Dengan adanya mentor, Anda bisa mengasah kemampuan Anda dan bertukar pikiran sehingga Anda mempunyai kualifikasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.



10. Dress to Impress

Sebagai wanita karir yang sadar fashion, Anda juga bisa memasukkan unsur outfit dalam keberhasilan Anda. Dress to impress, memang cukup berpengaruh terhadap kesuksesan karena penampilan Anda yang menarik mampu meningkatkan performa Anda di hadapan banyak orang.


0 comments:

Post a Comment