3 Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Friday, January 4, 2013



Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga. Banyak orang mengeluhkan kecilnya pendapatan yang mereka terima. Pemasukan yang kian sedikit, ditambah pengeluaran yang kian banyak, adalah masalah yang melanda semua orang. Menabung tampak amat sulit dilakukan, tetapi sebenarnya mudah asalkan punya pengetahuan. Berikut ini tiga cara menghemat:



Menyimpan uang

Semua orang pasti tahu bahwa mereka harus menabung. Tapi yang mereka tidak tahu adalah, bagaimana caranya?



Sederhana saja. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memiliki keyakinan terhadap diri sendiri. Banyak orang ketakutan hanya karena pikiran tentang menabung. Mereka tidak berani mengambil langkah pertama.



Pertama, Anda harus membuka rekening bank. Ada banyak jenis tabungan, jadi pilihlah yang paling cocok    perhatikan tingkat bunga, syarat dan ketentuan sebelum membuka rekening.



Setelah itu, lakukanlah. Tabung uang Anda di bank. Cara paling mudah? Memotong pengeluaran.



Jika Anda bisa memotong rambut anak Anda, lakukanlah sendiri. Tidak perlu membawanya ke salon. Anda juga bisa memangkas pengeluaran dengan memberhentikan pembantu. Bersihkan rumah sendiri.



Juga, hentikan pengeluaran yang tidak perlu. Pergi makan setiap akhir pekan atau ke bioskop bersama teman jangan lagi jadi prioritas.



Membeli cerdas

Perhatikan promosi spesial yang sedang berlangsung. Anda juga bisa membeli secara online (yang tidak hanya menghemat waktu tapi juga uang).



Beberapa orang mungkin enggan membeli barang bekas, tapi sebenarnya bila Anda melihat selisih harganya, Anda akan sadar mengapa pasar barang bekas tetap ramai peminat. Anda bisa menghemat banyak uang dengan membeli barang bekas, terutama mobil, telepon seluler dan barang elektronik lainnya.



Pastikan Anda membeli barang bekas dengan bijak dan dari sumber terpercaya. Supaya tidak rugi.



Menjual

Ada banyak tempat Anda bisa menjual barang-barang yang sudah tidak lagi Anda perlukan. Daripada telepon atau gadget Anda dibuang, lebih baik dijual dan mendapat sejumlah uang. Atau, Anda bisa juga menjualnya di Amazon atau Kaskus atau website sejenis, seperti yang banyak dilakukan orang.



Jika berencana membeli DVD baru, juallah terlebih dahulu DVD lama dan pakai uang hasil penjualan itu untuk membeli DVD.



Tidak ada jalan lain untuk mengurangi pengeluaran tanpa harus bekerja lembur. Menabung adalah kunci kehidupan bahagia.




0 comments:

Post a Comment