10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

Tuesday, January 15, 2013



10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia. Insiden kecelakaan pesawat terbang sering kita saksikan dalam berita-berita media massa. Meskipun dianggap sebagai musibah, upaya menghindari kemungkinan kejadian naas tersebut tetap harus dilakukan. Penumpang biasanya memilih maskapai penerbangan yang dianggap bisa menjamin rasa aman. Karenanya tidak heran bila ada orang fanatik menggunakan satu maskapai tertentu demi mendapat rasa aman dalam penerbangan.



Satu kosultan kemanan penerbangan di Eropa, Europe's Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre (JACDEC), baru-baru ini merilis indeks peringkat keamanan berbagai maskapai penerbangan. Indeks keamanan itu dihitung berdasarkan jumlah insiden serius yang dialami maskapai penerbangan selama 30 tahun. Angka ini kemudian dibandingkan dengan jumlah waktu terbang bersama penumpang (revenue passenger kilometers) pada periode yang sama. Maskapai-maskapai penerbangan itu juga dibandingkan dengan indeks keamanan maskapai lain yang dijadikan patokan.


Maskapai Penerbangan Paling Aman

Bagaimana hasilnya? Berikut adalah 10 maskapai penerbangan paling aman di dunia versi kosultan itu:


  1. Finnair

  2. Air New Zealand

  3. Cathay Pacific

  4. Emirates

  5. Etihad

  6. Eva Air

  7. TAP Portugal

  8. Hainan Airlines

  9. Virgin Australia

  10. British Airways, Inggris


Menariknya, tidak ada satu pun maskapai penerbangan Amerika yang menduduki 20 besar. Ranking-ranking berikutnya adalah Lufthansa (di posisi 11), ANA (12), Qantas (13), Virgin Atlantic (15), EasyJet (17), Thomas Cook Airlines (18), Jetstar Airways (20), Qatar Airways (22), Thomsonfly (26), Air Asia (29), Singapore Airlines (30), Ryanair (32), Malaysia Airlines (35), China Southern Airlines (48), South African Airways (52), Thai Airways International (53), Air India (58), dan China Airlines (60).



Total, 496 kecelakaan fatal terjadi pada berbagai maskapai penerbangan komersial pada 2012. Lebih sedikit dua kasus dibanding 2011.




0 comments:

Post a Comment