Ayah Lebih Dermawan ke Anak Soal Uang di Banding Ibu

Friday, January 4, 2013



Ayah Lebih Dermawan ke Anak Soal Uang di Banding Ibu. Siapa yang paling sering memberikan anak uang? Riset terbaru membuktikan, dibanding ibu, ayah lebih dermawan, tak segan membuka dompetnya untuk anak.



Riset diadakan oleh Ameriprise Financial dengan melibatkan 1.006 responden yang lahir setelah perang dunia ke-2. Penelitian itu menunjukkan, 93% orangtua berusia 50-70 tahun berkontribusi besar dalam masalah keuangan anaknya.



Penelitian juga mengungkapkan, dalam urusan membantu anak soal uang, ayah lebih berperan. 58% ayah membantu anaknya ketika punya masalah keuangan dan ibu hanya 48%.


Ayah

"Angka itu menunjukkan, ayah lebih sering membantu anaknya untuk membeli mobil atau membayar asuransi mobil. Sepertinya para ayah ini belajar atau berkaca pada orangtua mereka dulu yang juga suka membantu anaknya untuk membeli hal serupa," ujar petinggi Ameriprise Financial, Suzanna de Baca, seperti dikutip Daily Mail.



Hanya saja meski tidak sesering ayah dalam memberikan uang, justru para ibulah (63) yang lebih peduli untuk membicarakan situasi keuangan dengan anak mereka. Pada anak yang mana ibu merasa nyaman mendiskusikan masalah keuangan? 65% responden menjawab mereka lebih nyaman bicara dengan anak perempuan.



Ibu juga yang lebih peduli untuk membicarakan berbagai urusan keluarga. Misalnya saja masalah keuangan, kesehatan, isu keluarga dan sebagainya. Ibu pun lebih peduli pada masalah-masalah kenaikan biaya berobat atau kesehatan dan dampaknya pada uan pensiun yang harus dikumpulkan.



Menurut Suzanna apa yang dilakukan para ibu dalam risetnya ini memang tepat dilakukan. Berbicara pada anggota keluarga tentang masalah keuangan penting dilakoni agar semuanya transparan.



"Dengan secara teratur bicara terbuka dengan pasangan, begitu juga keluarga lainnya bisa membantu Anda mengambil keputusan yang tepat, dan semua orang terlibat," ujar de Baca.


0 comments:

Post a Comment